Selasa, 11 Juni 2013

Ambang Cakrawala Karya Amang Rahman

 Biografi


   H.Amang Rahman Jubair lahir tanggal 21 November 1931, di Ampel, Surabaya dari pasangan seorang keturunan Arab dan ibunya orang Jawa berasal dari daerah Jambe Kemantren, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur. Sebagai putra keempat dari 13 orang bersaudara dalam lingkungan keluarga yang taat beragama, Amang pada masa kecilnya mendapat pengaruh kuat kebudayaan Islam di Jawa yang diperoleh dari cerita maupun petuah dari kakek neneknya, keluarga, masyarakat, lingkungannya maupun kawan sebaya sepermainannya. Pengaruh ini berlanjut terus hingga usia remaja. Dia sangat akrab dengan al-Quran, berbagai surau, mesjid bahkan gemar pula mengunjungi berbagai makam terutama karena tertarik untuk berziarah atau menyaksikan nisan antik yang bertuliskan huruf Arab maupun huruf Jawa yang pada saat itu dianggap menarik dan unik. Sejalan dengan usahanya memperdalam bidang seni rupa, Amang pun terus
menekuni serta mengembangkan wawasannya di bidang kesenian lainnya. Antara lain dengan membaca di perpustakaan, berdiskusi dengan rekan seniman lainnya, dari Surabaya maupun dari kota lainnya di Indonesia, seniman tradisional maupun modern. Kecintaannya dalam dunia kesenian telah dibuktikan olehnya dalam bentuk puisi, penulisan kritik sastra serta karya lukisannya.
             Latar belakang yang diawali sejak masa kecil maupun pengalaman religi serta berbagai pengalaman hidupnya sehari-hari telah membangun secara bertahap dan terus memperkaya wawasan Amang Rahman dalam karya lukisannya. Penjelajahan dan pengembaraan ruang kehidupan manusia baik jasmani maupun rohani membentuk alam kesadaran Amang yang dimanifestasikan pada penguasaan ruang kanvas lukisan-lukisannya.
Jejak ini dapat disaksikan pada setiap lukisan Amang, terutama di dalam meletakkan obyek serta komposisinya  yang esensial yaitu : alur horizontal, vertikal dan diagonal. Pilihan obyek utamanya sederhana. Sosok manusia, paling sedikit 2 dan paling banyak 9 figur dalam pola bentuk dan posisinya dilakukan pengulangan.
             Penampilan unsur warna pada setiap lukisan Amang didominasi oleh pilihan warna biru, hijau, kuning dan hitam dengan nuansa dari keempat warna pilihannya itu. Berlanjut pada efek warna yang menyiratkan cahaya merupakan esensi dari keutuhan tema sentral. Pada penggunaan unsur garis, hampir setiap lukisan Amang bersifat efisien berupa kontur yang fungsional malah pada kebanyakan karyanya penampilan unsur garis sebagai maksud bayangan dibangun dengan batas pertemuan kontras warna yang berbeda.
           Amang Rahman lebih puas menggunakan jari-jarinya termasuk telapak atau punggung tangannya sebagai pengganti kuas dan pisau pallet untuk melukis, kadang-kadang menggunakan kain serbet untuk menghapus atau mencampur warna langsung keatas kanvas. Hasil produk kerja seperti itu, menjadikan wajah kanvas tidak kasar, perubahan nuansa warna menjadi halus dan bentuk obyeknya menjadi datar seperti halnya lukisan yang dekoratif dua dimensional.
              Karya lukisan Amang Rahman didasari oleh keluasan wawasan, aneka ragam pengalaman hidup lahir batin serta perenungan selaku insan yang beriman Islam telah melahirkan sikap hidup yang bersahaja, arif dan bijaksana dalam menghadapi dan mengatasi kehidupan di dunia fana ini. Beberapa unsur seperti keyakinan terhadap diri sendiri, pengalaman beragama yang kian mempertebal iman Islam, memahami hakekat hidup serta menghayati secara total dalam berkesenian telah diraih dan direfleksikan pada sebagian lukisan Amang Rahman Jubair, khususnya pada karyanya yang non-kaligrafis.
            Sang pelukis itu, meninggal tanggal 15 Januari 2000. Agak mengejutkan meski setiap orang siap melepas lelaki sepuh itu. Yang selalu bersungguh-sungguh, dan selalu hadir menyapa berkomunikasi dengan lelucon-leluconnya.
            Yang mengejutkan ketika seniman sahabat orang banyak itu ditinggalkan banyak orang saat menyelenggarakan "Pameran Lukisan 70 Tahun" dan diskusi buku Ambang Cakrawala: Monografi Seni Lukis Amang Rahman. Acara di Museum Nasional Jakarta, 2001, hanya dihadiri sedikit pengunjung. Kontras dengan pameran-pameran yang diselenggarakan ketika ia masih hidup, acara "Mengenang Amang Rahman Jubair", yang diselenggarakan di Balai Pemuda, Surabaya, 28 November - 3 Desember 2005 lalu juga mengalami hal yang sama.
            "Mengenangkan Amang Rahman Jubair" adalah mengenang sebuah kafe terbuka, dengan meja dan kursi di teras, yang berhubungan langsung dengan kesibukan dan lalu lintas kota. Di mana orang-orang berkumpul dan berbicara sambil memesan segelas kopi, sepiring bakmi atau nasi goreng, dan dengan ditemani sebungkus rokok. Berjam-jam bicara, tak peduli pesanan habis, dan karenanya terpaksa memesan lagi - karena obrolan tak ada habisnya, dan keceriaan terus-terusan berhamburan.
            Mungkin karena hanya warung lesehan, di mana tikar khusus digelar di tempat yang agak jauh dari warung, tempat para pembeli datang dan pergi. Sementara seorang Amang Rahman Jubair terus berbicara dan terus menghamburkan cerita lucunya. Momen di mana waktu seperti berhenti menggelar kesulitan ekonomi, problem politik, dan utamanya tantangan kreatif penciptaan.
             Tapi waktu tidak berhenti meski seperti alpa menggelar kenyataan ketika kita bertemu dan berkumpul dengan Amang Rahman Jubair - yang ke luar dari studio dan jadi si manusia yang melupakan tantangan kreatif dan mungkin juga kesulitan ekonomi. Aspek ini yang terkadang melekat dan teringat oleh siapa pun yang pernah bertemu dan berbicara dengannya. Semesta alpa yang menyenangkan di tengah tantangan berkesenian yang kejam - bahkan tak peduli, karena saat itu boom lukisan dihargai mahal belum terbentuk.
           Dalam esei lain ,ia melukiskan situasi simalakarma itu dengan mengutip sebuah cerpen yang tak lagi saya ingat judulnya. Cerpen yang menceritakan seorang pelukis yang berkonsentrasi melukis dan berhasil membuat lukisan-lukisan fenomenal. Sehingga rumah dan studionya yang sunyi tak diperhatikan orang jadi jujugan pelukis muda yang berkonsultasi dan berdiskusi. Hal itu membuat si pelukis merasa tersanjung dan sekaligus merasa terganggu karena tak lagi sempat bersunyi dan konsentrasi melukis. Cerpen itu diakhiri dengan klimaks yang tragik-dramatik. Si pelukis bunuh diri di depan kanvas kosong, yang hanya berisi coretan satu kata, yang mungkin bermakna solider dan bisa jadi soliter. Menjadi pelukis itu tidak cukup hanya kreatif melukis, dan masyarakat mengakui kualitas dari lukisannya dengan tak perlu dibebani tugas-tugas sosial di luar keahliannya. Atau harus melayani kehendak masyarakat dengan tugas ini-itu di luar minat kreatifnya.
            Bagi Amang Rachman Jubair berkesenian adalah masalah pilihan dan karenanya ia berkonsentrasi kepada obsesi tematik dan masalah estetik ekspresi simbolik lukisannya. Dan kita menemukan corak lukisan yang khas, panorama semesta yang dibuat berlapis dan bertingkat-tingkat sehingga suasana sunyi dan mistis jadi dominan dengan satu atau beberapa figur ditinggalkan sendiri dalam kesepian dan siksaan rindu di tengah keluasaan kosong, dan satu matahari atau bulan yang menjadi sumber dari keberadan - karena segalanya jadi tampak ada karena diterangi.
           Ada keterpencilan saat di cafe tersebut. Ada perasaan ngungun karena ditinggalkan di sana - ditinggalkan di tengah segala yang tak bermakna dan tak substansial karena semua itu hanya menggejala karena disinari Yang Tunggal. Dan karenanya ada sikap tawakal menerima segala yang digariskan. Ada sikap takwa dan tawadhu dari seseorang yang percaya, mengakui, dan berserah diri dalam menjalani segalanya - dengan usaha yang bertumpu pada mencari ridha-Nya. Pencapaian mistis yang diungkapkan dengan tehnik yang khas.
          Teknik yang matang meski tidak akademis karena dibangun dari kemauan belajar seorang otodidak - dan kerja keras tidak kenal lelah. Tapi hal itu jadi lumer kalau kita bertemu dengan Amang Rahman Jubair di luar studio dan kesuntukannya sebagai pelukis yang gigih dan pantang mundur. Yang bersiteguh mencari ciri khas sehingga lukisannya jadi ikon lukisan Amang Rahman Jubair yang langsung merujuk ke diri seorang Amang Rahman Jubair saja.
           Di luar itu ia adalah warung lesehan, dengan segelas kopi, sebungkus rokok, dan tertawa panjang yang membuat waktu surut dan tidak berani menunjukkan realitas keseharian yang penuh dengan kesulitan ekonomi, problema politik dan ter-utama tantangan kreatif penciptaan. Tapi waktu itu tak benar-benar abai dan alpa, karena ia tetap teringat pada kewajiban pokoknya,yaitu menghadirkan manusia dan menghilangkan manusia dari kehadiran nyata berserentakan di dunia.
Amang Rahman Jubair pun memenuhi panggilan itu - mungkin juga pembe-basan dari keberadaan dalam semesta keterasingan, yang ada akibat pancaran terang dari Yang Mengadakan, dan karenanya ia akan diserap atau terserap lagi ke dalam Yang Utama. Persis seperti puisi "Kepastian", ditulis 1975, yang berbunyi: Dalam hidup ini, ada satu yang pasti yaitu mati. Sebuah puisi yang menolak simbol, imaji, dan reka bunga bahasa. Sebuah kerja kreatif yang menolak kehadiran yang semu penuh gincu dan hiasan estetik, dan melulu menghadirkan yang substansial, yang inti.
            Dan sebelum hal itu sampai, yang ada adalah kerja keras kreatif, penuntasan kewajiban seorang suami dan ayah, serta waktu luang untuk mentertawakan segala hal yang semu dan tidak substansial. Dan karenanya, mengikuti simbolisasi sebuah "Sajak Ibunda" Rendra: Amang Rahman Jubair itu warung lesehan dengan segelas kopi, sebungkus rokok, dan obrolan intim yang penuh kegembiraan.
            Kegiatan lain selain melukis adalah: Pengasuh Yayasan Pendidikan Kesenian Surabaya (sejak tahun 1967), Mendirikan Akademi Seni Rupa Surabaya (AKSERA), Sekretaris Dewan Kesenian Surabaya (DKS, 1971), Ketua Dewan Kesenian Surabaya (DKS, 1984).


Lukisan Amang Rahman Beserta Judul Dan Tahunnya 


                                                                 
                                                                  Penghianatan,1986


                                                           MataRembulan dan hari 1968
                                               

                                                                 Undangan,1968


                                                             Bahtera Kehidupan,1970


                                                              Pohon Kehidupan,1970


                                                       Wajah-wajah Kehidupan,1970     
                                             


                                                                Pohon Hayat,1974


                                                                         Nenek,1976


                                                             Pohon Kehidupan,1979

                                                              Tujuh Bidadari,1983


                                                 Salamun Qoula Min Robbi Rokhim,1984


                                                                    Ibundaku,1989


                                                        Sebelum Gerhana Bulan,1990


                                                                Semua.....Kita,1990


                                                        Yaa Rohman Yaa Rohim,1991


                                                            An-Nashr, Ayat 3,1991


                                                         Impresi Sebuah Lagu, 1992


                                                          Impresi Dua Figur 1, 1992


                                                              Kasih Sayang, 1992

                                                       Monumen Yang Sunyi , 1992


                                                          Laa Illaaha Illallah,1995


                                            Mendekap Rembulan Berselimut Awan, 1994


                                                                  Pohon Hayat,1996


                                                               Potret Diri,1996


                                                               Sebuah Doa, 1997


                                                                     Renungan,1997


                                                            Terang- teranglah 1999


                                                             Puncak-puncak, 1999


                                                 Antara Kayu Tanam-Bukit Tinggi,2000


                                                 Dzikir sambat (ya rohman ya rohim) 2000


Dan masih banyak lagi lukisan-lukisanya. Semoga beliau dan karyanya menjadi inspirasi dan bermanfaat bagi kita semua....

0 komentar :

Posting Komentar